Jurus Jitu Menjadi Penulis Handal

Senin, 20 Februari 2012
Setujukah Anda bahwa menulis itu adalah kegiatan yang menyenangakan? Tentu jawaban dari pembaca semuanya bermacam-macam. Ada yang mengatan 'Ya', ada yang berkata 'nggak juga' dan ada yang berkata 'tidak tahu'. Ini memang wajar karena karena setiap orang memiliki pengalaman dan kesenangannya masing-masing. Tetapi, jika kita mau sedikit belajar ternyata menulis bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan gampang banget kok belajarnya. Mau tahu rahasianya? Yuk kita bahas sama-sama sampai tuntas.

Rahasia kenapa menulis bisa menjadi hal yang enteng alias gampang banget, rahasianya adalah sebagai berikut:
1. jangan berfikir jelek atau bagus hasil tulisan kita. Saat kita memiliki ide sebaiknya langsung saja tuangkan ide tersebut ke dalam tulisan dengan bahasa Anda sendiri. Ingat, jangan terpaku dengan bahasa formal/baku.Bebas saja. Yang penting pembaca paham dan mengerti maksud dari isi tulisan kita.
2. Miliki blog sendiri. Dengan memiliki media untuk menulis kita akan menjadi lebih terlatih untuk terus menulis. Tidak terlalu penting bagus atau buruk bahasa tulisan kita. Yang terpenting pembaca paham dengan apa yang ingin kita sampaikan kepada mereka.
3. Harus disiplin. Artinya meskipun satu hari kita hanya membuat satu buah tulisan, yang penting kita terus berlanjut atau istilahnya 'konsisten' atau 'istiqomah'.
4. Setiap ada ide langsung ditulis. Tidak ahrus gengsi jika sedang berada di angkutan umum, di kantor, atau di rumah. Tuliskan saja ide Anda meskipun tidak ada kertas kita bisa menuliskan ide kita di catatan ponsel dan sebagainya.
5. Selesaikan tulisan kita sampai dengan kesimpulan. Jika kita menulis lalu kehabisan ide jangan berhenti dan meghapus tulisan kita. Itu sangat tidak baik atau kasarnya 'kebiasaan buruk'. Sebaiknya selesaikan tulisan kita sampai kita bisa menarik kesimpulan.

Dari uraian di atas inti dari melatih kemampuan menulis adalah mulai menuliskan ide dengan bahasa sendiri lalu disiplinkan diri dan muat di media seperti blog, facebook, mading, atau surat kabar. Minta pendapat pembaca atau teman mengenai tulisan kita. Renungkan pendapat mereka dan jadikan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan diri. Selamat Menulis.
Salam

Saepul Gen's

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dan terimakasih..
Yuk Silaturahmi dengan tukeran link atau follow di Blogger Community
TUNGGU KEDATANGAN KAMI DI BLOG MU
Salam

Saepul Gen's