Cara Hadapi Tantangan Hidup

Rabu, 22 Februari 2012

Tantangan
from http://www.seekextreme.com/
 Berangkat dari sebuah pengalaman saya sebagai seorang pemuda yang penuh dengan keterbatasan, saya ingin berbagi kepada Anda tentang bagaimana menghadapi kehidupan ini yang penuh cobaan, rintangan, dan persaingan dengan orang-orang yang terkadang tidak 'fair' dalam berkompetisi. OK tanpa basa-basi saya akan langsung mengupas satu persatu hal-hal yang perlu Anda miliki dan yang perlu Anda lakukan agar Anda bisa menjadi pemenang di dunia yang keras ini.
1. Munculkan keberanian Anda. Banyak orang gagal dalam usaha mereka baik untuk meraih cita-cita ataupun dalam bisnisnya karena tidak mau mencoba. Mereka adalah sekelompok orang yang takut duluan sebelum mencoba. Istilah orang sundanya 'keok samemeh dipacok'. Ya, seperti itulah mereka. Untuk itu jika Anda mau menjadi 'The winner' maka ubahlah pola pikir tersebut dan mulai 'action' saat ini juga meskipun Anda dalam keadaan yang serba keterbatasan atau diri Anda sedang berada dalam kesedihan. Itu bukan alasan. Keadaan Anda sekarang yang menurut Anda mustahil untuk bangkit adalah hal yang 'bulshit'. Setiap kondisi selalu layak untuk bangkit dan memulai langkah baru meraih sukses. Jadi, tumbuhkan keberanian Anda sekarang juga.
2. Tujuan saya adalah berusaha bukan hasil. Loh kok begitu kalimatnya? Bukankah setiap orang itu tujuan nya meraih keberhasilan dan caranya dengan berusaha. Ya, mungkin Anda benar. Tetapi kalimat tersebut tidak terlalau efektif jika Anda ingin meraih sukses yang lebih besar. Untuk meraih suskes yang sangat tinggi Anda perlu kalimat yang lebih tinggi esensinya dan 'tujuan saya adalah berusaha dan berhasil adalah  bonusnya' adalah esensi yang paling tinggi. Sehingga, jika Anda menempatkan prioritas 'berusaha' sebagai inti pertama maka Anda tidak akan menghentikan langkah Anda sebelum berusaha. Tak peduli hasilnya bagus atau kurang memuaskan karena yang penting adalah BERUSAHA. Dan setelah berusaha tujuan Anda telah tercapai dan kesuksesan Anda adalah telah berusaha dan hasil perfect adalah bonus .
3. Utamakan standar jangan kesempurnaan. Tidak perlu harus semua kinerja Anda hasilnya 'perfect'. Yang terpenting sudah mencapai standar dan tidak ada kinerja Anda yang di bawah standar. Kalaupun ada yang hasilnya sempurna itu adalah bonus untuk Anda karena Anda memiliki nilai-nilai kerja atau usaha yang hasilnya tidak ada yang di bawah standar. So, standar dulu baru sempurna.
Jadi, kesmimpulan dari tulisan di atas adalah kita harus berani, mau berusaha, dan utamakan hasil yang mencapai standar dan ingat hasil sempurna bukan tujuan karena itu adalah bonus. Nomor satu dalam usaha anda adalah 'memulai action' secepat mungkin. Semoga tiga panduan di atas dapat sedikitnya membuat Anda menemukan pencerahan hidup dalam menjalani kehidupan yang penuh tantangan ini.
Selamat mencoba.

Salam
Penulis: Saepul Gens

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dan terimakasih..
Yuk Silaturahmi dengan tukeran link atau follow di Blogger Community
TUNGGU KEDATANGAN KAMI DI BLOG MU
Salam

Saepul Gen's