Al-Qur'an Adalah Kalam Allah SWT

Minggu, 11 Maret 2012
Bagi seorang muslim tentu kita tidak boleh ragu sedikit pun tentang asal Al-Qur'an bahwa kitab ini jelas adalah Firman Allah SWT (kalamullah) bukan karangan manusia. Namun tentunya banyak dari non muslim yang tidak percaya bahwa Al-Qur'an adalah kalamullah, padahal jika kita gunakan akal kita untuk berfikir saja, akal kita pun akan menerima dengan puas bahwa Al-Qur'an adalah kalamullah atau firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril a.s secara berangsur-angsur sebagai pedoman hidup manusia.

Inilah bukti Al-Qur'an adalah Kalamullah

Dalam menentukan darimana asal Al-Qur'an, dalam kitab Nidzomul Islam ada 3 kemungkinan siapa yang menciptakan Al-Qur'an atau darimana Al-Qur'an berasal yaitu:
Kemungkinan pertama, kitab itu adalah karangan orang Arab.
Kemungkinan kedua, kitab itu karangan Nabi Muhammad SAW.
Ketiga, berasal dari Allah SWT.
Tidak ada lagi kemungkinan dari selain yang tiga di atas. Kenapa? Sebab Al-Qur'an menggunakan bahasa Arab dan berciri khas Arab baik dari segi bahasa maupun gayanya.

Kemungkina pertama Al-Qur'an adalah karangan orang Arab adalah salah dan tidak masuk akal. Sebab, meskipun bahasa Al-Qur'an adalah bahasa Arab tetapi orang Arab sendiri saat ditantang untuk membuat kitab yang serupa dengan Al-Qur'an ternyata tidak ada yang sanggup menandinginya. Bahkan para ahli sastra atau para penyair sekalipun tidak ada yang sanggup membuat kitab yang serupa bahkan satu surat pun tidak ada yang mampu membuatnya serupa dengan Al-Qur'an.
Hal ini terbukti dalam ayat Al-Qur'an QS. Hud ayat 13 yaitu:
"Katakanlah: 'Maka datangkanlah sepuluh surat yang (dapat) menyamainya" (QS. Hud : 13)
Di dalam ayat lain:
"Katakanlah : ('Kalau benar apa yang mereka katakan), maka cobalah datangkan sebuah surat yang menyerupainya" (QS. Yunus: 38)
Begitulah wahai saudaraku, orang arab sendiri yang tidak beriman kepada Allah dan Nabi Muhammad SAW berusaha untuk membuktikan bahwa Al-Qur'an bukan kalamullah tetapi mereka terbukti tidak sanggup dan tidak berhasil. Sekalipun sudah diberikan tantangan untuk membuat karya yang serupa, orang Arab sendiri bahkan para ahli sastra pun tidak mampu membuat karya yang serupa. Kenapa? Ini jelas karena Al-Qur'an bukan karangan manusia tetapi ini adalah kalamullah yang berisi tentang ajaran-ajaran yang sempurna untuk pedoman hidup manusia yang merupakan Firman Yang Maha Sempurna Yang telah menciptakan alam semesta ini yakni Allah SWT.

Kemudian kemungkinan yang kedua, kitab ini dibuat oleh Nabi Muhammad SAW juga tidak dapat diterima akal. Sebab, Nabi Muhammad SAW sendiri adalah orang Arab, bagaimana mungkin ada seorang dari bangsa Arab bisa membuat karya yang hebat sedangkan seluruh bangsa Arab sendiri bahkan para ahli syair pun tidak sanggup menandinginya. Sedangkan Nabi Muhammad SAW sendiri bukanlah seorang ahli sastra. Maka, jelaslah bahwa ini bukan karangan orang Arab, bukan pula karangan Nabi Muhammad SAW, apalagi bukan pula karangan orang non Arab karena bagaimana mungkin orang yang bukan non Arab bisa membuat kitab dalam bahasa Arab sedangkan orang Arab sendiri tidak mampu membuat karya yang serupa.

Kemudian dilihat dari hadits-hadits yang merupakan ucapan Nabi Muhammad dengan isi Al-Qur'an yang merupakan firman Allah, gaya bahasanya pun berbeda antara hadits dan ayat-ayat Al-Qur'an. Ini membuktikan bahwa Al-Qur'an bukan perkataan nabi Muhammad, tetapi kalamullah. Juga bagaimana mungkin selama kurang lebih 23 tahun Nabi Muhammad SAW bisa membawakan 2 gaya bahasa yang berbeda dimana hadits dengan gaya bahasa orag arab sehari-hari sedangkan Al-Qur'an dengan gaya bahasa yang agung dan ciri khas yang berbeda. Sedangkan Al-Qur'an gaya bahasanya tetap sama dari wahyu pertama sampai wahyu terakhir dangan isi yang menakjubkan yakni berisi nasihat dan pelajaran dari kaum-kaum nabi sebelumnya seprti kisah nabi Yusuf, Ashabul Kahfi, dan kabar masa depan seperti hari kiamat, siksa kubur, dan alam akhirat juga tentang alam semesta yakni perputaran matahari, penciptaan manusia, dan masih banyak lagi. Subhanalloh, Al-Qur'an begitu sempurna. Maka jelaslah Al-Qur'an yang agung ini bukan karangan manusia melainkan kalamullah.

Lantas pertanyaanya, kenapa manusia masih tidak mau beriman kepada Allah padahal Al-Qur'an adalah bukti yang nyata bahwa Allah adalah Pencipta manusia, kehidupan, dan alam semesta.

Inilah yang harus kita imani dengan betul-betul, Al-Qur'an adalah pedoman hidup manusia untuk meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat nanti, maka kita harus menjalankan apa-apa yang diperintahkan oleh Allah SWT melalui firman-Nya dalam Al-Qur'an yang disampaikan melalui Rosul-Nya, Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat, para tabiin, tabiin-tabiin, para alim ulama hingga sampai kepada kita sebagai umatnya.

Oleh karena itu,  mari kita belajar membaca dan memahami isi Al-Qur'an dengan menghadiri pengajian, majelis ta'lim, membaca buku-buku islam, dan bersahabat dengan orang-orang yang soleh. Semoga kita senantiasa mendapatkan hidayah dan taufik dari Allah SWT.
Amin Ya Allah Ya Robbal Alamin.
Semoga bermanfaat.
Salam

Saepul Gen's

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    • Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea.Bongkahan batu bacan saya hasil dari tambang sendiri jangan heran kalau harganya murah mass
    • Daftar harga sebagai berikut;

    • -Berat 1 Ons Rp 700 Ribu
    • -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 750 Ribu
    • -Berat 1 Kg Rp3 Juta 500 Ribu,
    • setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil
    • Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    • Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    • bersertifikat
    • Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    • pin 576D2CA2
    • : 082187074449

    Hati-hati modus penipuan meraja lelah dgn harga yang murah

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:jne/tiki/kantor pos,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,terimah kasih,,,Wassalam

Posting Komentar

Silahkan komentar dan terimakasih..
Yuk Silaturahmi dengan tukeran link atau follow di Blogger Community
TUNGGU KEDATANGAN KAMI DI BLOG MU
Salam

Saepul Gen's