Menyelami Makna "Basmallah": Kemanakah Arah Hidup Kita?

Minggu, 04 Maret 2012
Di dalam kitab Safinatun Naja yang sering dipelajari oleh para santri di pondok pesantren, lafad "basmallah" yang berbunyi Bismillahir Rahmanir Rahim tidak hanya bermakna "Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang", tetapi ada makna hidup yang terkandung di dalamnya.

Lafadz Bismillah berarti setiap perbuatan baik yang kita lakukan harus selalu di awali dengan Bismillah. Mau makan, Bismillah. Mau pergi kerja, Bismillah. Mau belajar, Bismillah. Mau masuk rumah, Bismillah. Mau tidur, Bismillah. Mau apapun, Bismillah. Hal ini sangat perlu menjadi sebuah kebiasaan karena Rasulullah SAW bersabda, “Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bismillah (dalam riwayat lain: dengan mengingat Allah), maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahan-Nya.”. Sedangkan tujuan kita melakuakan perbuatan agar bisa membawa kebaikan kepada diri sendiri maupun orang lain, dan itulah  salah satu akibat dari 'keberkahan'.  Misalnya dalam hal makan. Jika tanpa diawali dengan Bismillah barangkali alih-alih bukan energi yang kita dapat, tetapi malah kekenyangan sehingga lemak dan berbagai penyakit tertimbun di dalam tubuh. Sehingga keberkahan sangatlah penting baik saat makan, belajar, bekerja, maupun tidur. Untuk mendapatkan keberkahan itu maka membaca Bismillah  adalah jalannya.

Lafadz Ar-Rohmani artinya Allah memberikan ni'mat besar kepada hamba-Nya baik di dunia maupun di akhirat. Maksudnya ni'mat besar artinya banyak yang menerimanya yakni seluruh hamba Allah di dunia termasuk hewan, tanaman, alam semesta dan manusia dari jaman dulu sampai akhir zaman.

Lafadz Ar-Rohimi artinya Allah memberikan ni'mat kecil kepada hamba-Nya di akhirat saja. Maksudnya ni'mat kecil adalah bahwa yang sedikit yang menerimanya yakni yang hanya memasuki syurga Allah.

Sebagaimana yang dijalaskan di dalam kitab safinatun naja, Allah SWT memiliki ni'mat 100. Ni'mat 1 diturunkan ke alam dunia dan ni'mat  99 di syurga, sehingga manusia dan seluruh ciptaan Allah Al-Khalik seperti binatang, tanaman, dan alam semesta ini sedang merasakan ni'mat yang 1 sedangkan untuk ni'mat yang 99 akan diberikan kepada hamba Allah SWT yang mendapatkan rahmat-Nya memasuki surga-Nya.

Kita sadari betul, ni'mat 1 di dunia ini ternyata meskipun digunakan bersama-sama oleh seluruh mahluk Allah tetapi banyak pula yang terlena dengan ni'mat yang 1 ini. Sehingga banyak manusia yang hanya mengejar ni'mat yang 1 di dunia ini harus banting tulang sehari semalam tanpa sempat beribadah, banyak yang korupsi untuk menumpuk kekayaan, banyak yang berbuat zinah untuk mengejar nafsu, dan banyak yang bermaksiat hanya ingin mendapatkan keduniawian. Padahal, yang sedang mereka kejar adalah ni'mat 1 sedangkan jika manusia mau bersabar dan beribadah dengan sebenar-benarnya maka mereka akan mendapatkan syurga Allah yang di dalamnya terdapat ni'mat 99.  Sungguh merugi jika di dunia yang sebentar ini (rata-rata 60 tahunan) dan hanya mengejar ni'mat 1 sedangkan di akhirat kekal abadi (lebih dari ribuan tahun) dengan ni'mat 99 dan sudah barang tentu yang menikmatinya hanya sedikit yakni hanya golongan hamba-hamba Allah ahli syurga.

Lantas ni'mat manakah yang sedang kita kejar? Jika memang menginginkan ni'mat 99 maka seharusnya dunia bukan lagi harus menjadi tujuan hidup tetapi dunia sebagi jalan untuk meraih kebahagiaan di akhirat. Dengan bagaimana? Yakni dengan meninggalkan nafsu duniawi dan meluruskan niat untuk menghambakan diri kepada Al-Khalik. Jika dulu niat makan agar kenyang, maka sekarang dengan diawali Bismillah kita niatkan untuk beirbadah. Jika dulu belajar diniatkan agar menjadi juara kelas, sekarang dengan diawali Bismillah kita niatkan untuk beribadah kepada Allah. Jika dulu shalat 5 waktu agar menajalankan rutinitas semata, maka sekarang diniatkan untuk menghambakan diri kepada Ilahi Robbi dengan shalat yang sebaik-baiknya. Sungguh indah jika segala aktivitas kita dan setiap detik kita diniatkan dengan ibadah, maka insya Allah aktivitas kita senantiasa berada dalam 'keberkahan'. Semoga kita senantiasa mendapat hidayah dan taufik Alllah SWT agar arah hidup kita senantiasa menuju rahmat dan ridha-Nya. Amin.
Salam

Saepul Gen's

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    • Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea.Bongkahan batu bacan saya hasil dari tambang sendiri jangan heran kalau harganya murah mass
    • Daftar harga sebagai berikut;

    • -Berat 1 Ons Rp 700 Ribu
    • -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 750 Ribu
    • -Berat 1 Kg Rp3 Juta 500 Ribu,
    • setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukurang kecil
    • Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    • Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    • bersertifikat
    • Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    • pin 576D2CA2
    • : 082187074449

    Hati-hati modus penipuan meraja lelah dgn harga yang murah

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:jne/tiki/kantor pos,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,terimah kasih,,,Wassalam

Posting Komentar

Silahkan komentar dan terimakasih..
Yuk Silaturahmi dengan tukeran link atau follow di Blogger Community
TUNGGU KEDATANGAN KAMI DI BLOG MU
Salam

Saepul Gen's