Memetik Hikmah Kisah Abu Nawas

Selasa, 06 Maret 2012
Suatu hari yang panas, Abu Nawas merasa lapar dan haus. Berjalan begitu lamanya mencari makanan tak kunjung ia dapatkan. Hingga di sebuah desa, ia dapati ada sebuah kebun yang luas dengan di tanami sayur-mayur yang segar dan tampak sudah siap panen. Ia takut ketahuan pemiliknya sehingga ia mengendap-ngendap mengambil tangga dan melompati pagar.

Masuklah Abu Nawas ke tengah-tengah kebun tersebut. Tidak banyak fikir, ia pun langsung memanen sayur-mayur tersebut untuk dijual dan dimakan. Tiba-tiba datanglah sang pemilik kebun. "Abu Nawas, sedang apa kau disini?" Tanya bapak pemilik ke kebun. "Emh.. begini pak, tadi saat saya sedang berjalan-jalan ada angin kencang membawa saya ke sini." "Lantas, kenapa kau memegang sayuran-sayuranku?" "Oleh karena itu pak, karena anginnya begitu kencang, saya memegang erat sayur-sayuran ini agar tidak terbawa angin semakin jauh." Lalu, kenapa sayur-sayuran itu kau masukkan ke dalam karung?" "Emh.. justru itu pak, dari tadi saya masih bingung mencari jawabannya?" Loh :-)

Begitulah. Sepenggal cerita Abu Nawas di atas adalah sebuah gambaran bahwa jika ingin jujur maka harus istiqomah dalam berbuat kebaikan dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji. Satu kali berbohong maka kebohongan selanjutnya akan terus menerus, semuanya akan berujung jika sang pembohong mau berterus terang dengan kejahatannya. Bahayanya, jika sudah satu kali berbohong jangan harap ada orang yang mau mempercayai kita. Bahkan jika kita sudah 1 kali kebohongan lalu diikuti dengan 1000 kejujuran, mereka yang dibohongi akan menganggap semuanya kebohongan.

Oleh karenanya, mari kita belajar ari kisah Abu Nawas untuk tidak berkata yang tidak benar dan istiqomah dalam 'kejujuran'. Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan no.1 di dunia yang terkenal kejujurannya sehingga pada zamannya beliaua mendapat gelar Al-Amin yang artinya dapat dipercaya.
As proverb says, "honesty is the best policy". How about you?
Salam

Saepul Gen's

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dan terimakasih..
Yuk Silaturahmi dengan tukeran link atau follow di Blogger Community
TUNGGU KEDATANGAN KAMI DI BLOG MU
Salam

Saepul Gen's