Langkah Awal Mengubah Dunia

Kamis, 24 Maret 2011
Demi matahari dan sinarnya di pagi hari
Demi bulan apabila ia mengiringi
Demi siang apabila ia menampakkannya
Demi malam apabila ia menutupinya
Demi langit serta binaannya 
Demi bumi serta penghamparannya
Demi jiwa serta penyempurnaanya
Allah telah mengilhamkan sukma kebaikan dan sukma keburukan
Beruntunglah bagi siapa yang menyucikannya
Dan merugilah bagi siapa yang mengotorinya
(QS. Asy-Syams :1-10)


Bismillahirrohmanirrohim..
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
       Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan taufik-Nya kepada kita semua sehingga pada hari ini Anda bisa membaca artikel ini yang mudah-mudahan bisa menggerakkan hati kita semua untuk mau memulai langkah awal dalam mengubah dunia. Shalawat bermutiarakan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Rosul, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa agama Islam sebagai satu-satunya agama yang dapat membawa manusia ke jalan yang terang benderang yakni kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Semoga kita semua senantiasa menjadi umatnya sampai akhir hayat kita. Amin.


Mengapa kita perlu mengubah dunia?
Barangkali ada salah satu dari Anda yang memiliki pertanyaan seperti di atas, "Mengapa kita perlu mengubah dunia?" Salah satu jawaban yang perlu Anda ketahui bahwa dunia ini sebenarnya semakin hari bukan semakin baik tetapi malah semakin buruk. Perkembangan zaman yang semakin maju adalah hal yang perlu disyukuri namun sayangnya mereka --orang-orang yang hanya mementingkan materi semata-- tidak mengimbanginya dengan dampak kerusakan pada lingkungan.  Seperti halnya dampak penggunaan AC yang menghasilkan gas CFC yang memicu kerusakan lapisan ozon yang memiliki peran penting dalam melindungi bumi dari panasnya matahari yang apabila lapisan ozon terus menipis maka es di kutub utara dan selatan akan mencair sehingga bumi akan tenggelam. Juga pabrik-pabrik industri yang membuang limbahnya ke sungai sehingga sungai menjadi kotor dan tidak bisa dipakai lagi untuk mencuci, mandi, bahkan untuk diminum. Dan masih banyak kerusakan di bumi ini akibat dari ulah manusia yang semakin pintar namun semakin tidak peduli pada kondisi bumi yang semakin hari semakin parah.


Lalu, apa yang bisa kita perbuat untuk memperbaiki itu semua?
Teman, sebenarnya begitu banyak yang bisa kita lakukan untuk dapat memperbaiki kerusakan di muka bumi ini. Hal yang paling pertama untuk mengubah dunia ini yaitu dengan memiliki impian untuk mengubah dunia. Pernah tidak kita bercita-cita saat kecil. Pasti pernah kan? Nah, jika kita bercita-cita menjadi guru, dokter, polisi, penyanyi, pilot bahkan presiden sekalipun maka yang harus digaris bawahi adalah impian kita harus berdasarkan keinginan untuk mengubah dunia. Jika Anda pernah bercita-cita menjadi guru, maka cita-citakanlah menjadi guru yang bisa mencerdaskan murid-muridnya secerdas mungkin bahkan lebih cerdas dari Anda sendiri sehingga tidak ada lagi orang yang bodoh di dunia ini meskipun mereka tak mampu untuk sekolah. Jika Anda bercita-cita menjadi dokter, bercita-citalah menjadi dokter yang bisa menyembuhkan orang-orang yang sakit bahkan sekalipun mereka tak mampu pergi ke rumah sakit karena biayanya yang mahal. Jika Anda bercita-cita menjadi polisi, jadilah polisi yang memiliki jiwa kepedulian terhadap masyarakat dan jujur dalam melaksanakan tugas. Jika Anda bercita-cita menajdi anggota DPR bahkan presiden, maka jadilah pemimpin yang jujur, adil, dan tegas dalam membuat sebuah keputusan. Jangan pernah tergoda untuk mengambil uang rakyat supaya bisa cepat kaya meskipun tindakan korupsi tersebut yang sangat mudah dilakukan saat Anda sedang berada di atas. Ingatlah begitu banyak rakyat Anda yang sangat menderita sampai-sampai harus mencari makan di tong sampah, harus tidur di kolong jembatan dan mati kelaparan karena tak ada apa-apa yang bisa dimakan. Jadilah pemimpin yang amanah karena sesungguhnya jika semua pemimpin di negara kita mampu menjadi pemimpin yang amanah maka tidak akan ada korupsi sehingga uang pajak masyarakat dapat dimaksimalkan untuk pembangunan sekolah, memperbaiki jalan-jalan, santunan terhadap orang-orang miskin dan negara kita bisa terbebas dari kemiskinan. Itulah yang harus Anda garis bawahi saat Anda menentukan sebuah cita-cita. Apapun cita-cita Anda, dasarkanlah bahwa tujuan cita-cita Anda adalah untuk menjadikan dunia lebih baik lagi.
Semoga Anda semua yang memiliki cita-cita dengan didasarkan untuk mengubah dunia, saya do'akan semoga Allah SWT yang Maha Kuasa mengabulkannya dan cita-cita Anda pun bisa terwujud sehingga dunia bisa menjadi lebih baik. Amin.

Posted by Muhamad Saepuloh in Mar 25, 2011.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dan terimakasih..
Yuk Silaturahmi dengan tukeran link atau follow di Blogger Community
TUNGGU KEDATANGAN KAMI DI BLOG MU
Salam

Saepul Gen's