Tips Membeli Laptop dan Netbook Second/Bekas

Rabu, 11 April 2012
Dewasa ini laptop dan netbook mini memang sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting terutama bagi civitas akademika yang sangat memerlukan gadget ini unruk menyimpan informasi, mengetik tugas-tugas atau membuat presentasi kuliah. Namun terkadang susahnya mencari harga laptop dan netbook yang bagus dan harga terjangkau memang masih menjadi kendala tersendiri. Apalagi untuk membeli barang yang masih gress atau membeli langsung di toko elektronik tentunya akan jauh lebih mahal.

Menyikapi problema seperti di atas, tidak ada salahnya jikalau kita mencoba untuk mencari netbook second namun dengan kualitas barang yang masih bagus dengan harga yang masih terjangkau. Berikut tips mencari netbook dan laptop second agar tidak tertipu dan hasil memuaskan.

1. Cek segel laptop, jika telah terbuka segelnya dapatkan informasi kepada penjual mengapa segel tersebut terbuka, mungkin ada penggantian hardware karena kerusakan.

2. Cek kondisi baterai laptop, pastikan baterai tidak drop dan masih memiliki ketahanan minimal 50% (tidak ada ketetapan yang pasti ntuk hal ini)

3. Cek display laptop apakah ada dead pixel, karena display yang memiliki dead pixel akan mengurangi tampilan.

4. Cek garansi laptop. Bersyukurlah jika ternyata laptop masih dalam masa garansi.

5. Cek kelengkapan fiturnya seperti ketersediaan wifi, bluetooth maupun fitur lainnya sesuai kebutuhan Anda.

6. Cek fisik laptop apakah ada tanda-tanda kerusakan fisik, misal goresan akibat jatuh atau bahkan habis tenggelam di air.

7. Cek kondisi keyboard apakah semua tombol masih berfungsi dengan baik.

8. Cek touchpad, klik kanan dan klik kirinya.

9. Cek spesifikasi hardware apakah telah sesuai dengan penawaran penjual. Anda bisa melihatnya di BIOS atau dengan mengetikkan dxdiag di kolom run windows OS laptop tersebut.

10. Cek harga, bandingkan dengan harga pasaran. Gunakan internet untuk melakukan pengecekan ini.

11. Ajaklah teman Anda yang telah berpengalaman di bidang IT agar bisa memberi pertimbangan kepada Anda sebelum memutuskan untuk membeli laptop tersebut.

Barangkali itu saja tips saat hendak mencari laptop dan netbook second. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang memang sedang membutuhkan tips-tips untuk membeli laptop dan netbook second.
Referensi dari http://tantoroni.blogspot.com/
Semoga bermanfaat.
Salam

Saepul Gen's

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dan terimakasih..
Yuk Silaturahmi dengan tukeran link atau follow di Blogger Community
TUNGGU KEDATANGAN KAMI DI BLOG MU
Salam

Saepul Gen's