On Yesterday: Masalah Datang, Syukurilah Teman!

Rabu, 06 April 2011
Ini adalah pengalaman yang sangat mengejutkan bagi saya dan mungkin bisa jadi mengejutkan juga bagi Anda. Terutama bagai setiap dari Anda  yang pernah atau sedang tertimpa masalah rasanya wajib untuk sedikit menelaah sebenarnya “ Apa sih tujuan Tuhan mengirimkan masalah kedalam hidup Anda”? Baik, saya akan awali dengan sedikit bercerita tentang pengalaman saya di hari kemarin. Saya pernah memiliki sebuah Handphone Nokia 2700 Classic yang ada fasilitas Ovi Life Tools-nya. Sangat disayangkan tentunya jika HP tersebut harus sampai hilang. Tapi sayangnya pada hari kemarin musibah ini datang kepada saya, HP tersebut jatuh dari saku jaket saya saat saya berangkat naik motor untuk pergi bekerja. Baru saya sadari HP tersebut sudah tidak ada di saku jaket saat saya setelah saya sampai di kantor. Pernah sesekali perasaan bimbang menghampiri  saya namun dengan setengah tidak percaya saya meyakinkan hati kalau HP-nya mungkin ketinggalan di rumah. Pulang ke rumah saya cari, ternyata Ya Salaam..HP memang tidak ada. Akhirnya orang tua saya pun tahu. Betapa sedih hati mereka dan saya pun merasa tidak enak hati dengan kejadian tersebut. Tak lama kabar ini sampai ke telinga saudara-saudara saya. Saya pun merasa sedih karena begitu banyak orang yang akhirnya tahu dengan musibah ini sehingga membuat mereka khawatir dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari HP saya yang jatuh di jalan.
Tak lama ada kabar dari bibi saya bahwa HP nya sudah ketemu. Tapi sayangnya ketemu oleh orang lain yang diketahui saat nomor HP saya ditelepon, ada seorang lelaki yang mengangkat telpon dan menjelaskan bahwa kondisi HP sudah rusak tertindas mobil truk. Mungkin karena dari awal saya sudah mengikhlaskan HP tersebut, saat mendengar kabar tersebut saya tidak sedih sedikitpun malah saya bertambah lega mendengar kabar kalau HP nya sudah rusak tertindas mobil truk. Saya lega karena akhirnya keluarga dan orang-orang terdekat saya tidak perlu lagi mencari HP saya yang jatuh di jalan karena sekarang kondisi HP sudah rusak dan tidak dapat dipakai lagi. Kemudian saya juga lega HP-nya tertindas mobil truk karena itu berarti account2 saya di HP tidak bisa dibaca lagi oleh siapapun.
Semua orang ikut prihatin dengan musibah ini dan mereka mendo’akan saya supaya bisa mendapat rezeki yang lebih luas lagi. Aamiin.. saya langsung jawab dengan sepenuh hati. Terimaksih ya semuanya sudah membantu mencarikan HP saya yang jatuh di jalan meskipun pada akhirnya tidak kembali lagi ke tangan saya. Terutama saya bersyukur kepada Allah yang telah memberikan ujian ini dan memberikan kesabaran dan kekuatan sehingga saya bisa lulus dalam melewati ujian ini dan saya juga akan bersiap-siap menghadapi ujian selanjutnya yang entah dalam bentuk apa ujiannya. 
"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang padamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, “Kapankah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS. Al-Baqarah:214)"
Inilah hikmah di balik musibah yang datang pada saya hari kemarin. Bebarapa hikmah yang bisa saya petik adalah:
  1. Saat kemarin saya sangat bingung bagaimana mengisi pulsa untuk bulan ini, tapi setelah HP diambil Allah saya jadi tidak perlu pusing lagi mikirin pulsa. Bebas,,,,
  2. Syare’atnya kerana  HP,  saya sering telat tidur karena tidak bisa menahan diri untuk menjawab sms teman-teman saya di waktu malam hari yang sering mengajak sms-an sehingga saya sering telat bangun subuh meskipun alarm sudah diaktifkan.
  3. Dengan tidak adanya HP,  saya bisa bangun pagi lebih awal karena barangkali ada para malaikat yang menjaga saya tidur dan membangunkan saya meskipun hati malas dan mata masih ngantuk. Dan saya merasa ada yang menuntun saya untuk berwudlu dan Qiyamul Lail. Subhanallah, sungguh musibah membawa berkah,,,,,
  4. Jangan pernah menyimpan HP di kantong jaket, lebih baik di saku celana yang kantongnya cukup dalam atau menggunakan sarung handphone yang biasa dipakai oleh bapak-bapak.
  5. Saya juga bersyukur karena mendapat kabar kalau HP nya sudak rusak tertindas mobil truk. Alhamdulillah sekali. Karena didalamnya banyak account email saya di facebook, blog dan google. Seandainya jika tidak rusak barangkali orang yang menemukan HP saya bisa jadi membuka account saya di internet dengan sesuka hati. Tapi di sini saya juga mengambil pelajaran bahwa: Jangan Pernah Menulis Apapun di HP yang Bersifat Rahasia. Coba bayangkan jika Anda menuliskan account facebook dan password Anda di Hp kemudian Hp Anda jatuh ke tangan orang yang jahat barangkali dia akan membuka facebook Anda dan menggunakannya sesuka hati. Oleh karena itu, saya juga akan berusaha untuk:
- tidak akan lagi menuliskan hal-hal yang bersifat rahasia di Handphone 
- tidak akan lagi membeli Handphone yang mahal-mahal yang penting bisa nelpon dan sms karena kalau sudah jatuh ya sudahlah,,, 
- untuk jaga-jaga jikalau HP belum rusak total saya akan secepatnya mengubah password account FB dan yang lainnya supaya tidak ada yang seenak hati untuk masuk ke account saya.

Itulah kisah pengalaman saya di hari kemarin saat mendapatkan masalah yang cukup berat tapi ternyata jika kita mau berfikir luas dan berfikir positif sebenarnya lebih banyak positifnya dibanding negatifnya. Karena Anda juga harus yakin bahwa Tuhan mengirimkan masalah bukan untuk membuat Anda sedih tetapi Allah ingin Anda memiliki hati ikhlas dan mau bersyukur betapa masih banyaknya nikmat Allah yang masih bearada dalam diri Anda  dibandingkan dengan HP yang harganya murahan. Badan sehat dan orang-orang menjadi lebih sayang pada Anda adalah karunia Tuhan yang sangat berharga. Jika harus memilih saya tentunya akan memilih yang tadi daripada HP utuh sedangkan badan sakit-sakitan dan keluarga saling membenci. Betul tidak? Mari kita berbagi untuk mengungkap rahasia Tuhan yang masih tersembunyi. Let’s share for be better,,,
Referensi gambar : http://3.bp.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dan terimakasih..
Yuk Silaturahmi dengan tukeran link atau follow di Blogger Community
TUNGGU KEDATANGAN KAMI DI BLOG MU
Salam

Saepul Gen's